Donald E. Weatherbee: sengketa China Selatan uji peran Indonesia

sengketa dalam laut china selatan dan menyertakan china dan sejumlah negara asean menguji sejauh mana peran indonesia agar membangun solidaritas kawasan serta mencegah terjadinya eskalasi konflik.

sebagai ketua asean dalam 2011, indonesia selalu memelihara visi hingga pembentukan komunitas asean (2015,red), namun kita mau lihat apakah bisa membawa kawasan dalam sikap strategis koheren, serta kesatuan solidaritas politik untuk merupakan aktor asean di memelihara keamanan kawasan, kata peneliti politik dan hubungan internasional donald e. weatherbee.

donald e. weatherbee, profesor dari university of south california, mengatakan keuntungan itu pada pemaparan bertema kemajuan politik luar negeri indonesia yang diadakan lembaga persahabatan indonesia-as (usindo) selama jakarta, jumat.

hal ini menjadi tantangan supaya indonesia pada melanjutkan kegemilangan politik luar negerinya. weatherbee, yang lebih dari empat dekade sudah mengerjakan penelitian pada seluruh universitas dalam asia tenggara, menyatakan kini usaha indonesia dan negara-negara asean agar membeli jalan diskusi dengan china adalah permintaan dan amat rumit,

Informasi Lainnya:

anda mengetahui rumit menikmati fleksibilitas pergerakan maritim china dan seakan menyebutkan bahwa memang tidak perlu ada peraturan, katanya.

tidak sudah ada isu yang mendorong sengketa asean semisal ini, ucapnya menambahkan.

namun, dia memuji peran menteri luar negeri indonesia marty natalegawa dan cekatan berdiplomasi di pertemuan asean 2011 --saat diketuai kamboja-- sebab berhasil mendapat persetujuan supaya memulai pembicaraan laut china selatan. berdasarkan weatherbee, hasil pertemuan ketika itu menyelamatkan wajah asean namun selama waktu bersamaan berhasil memelihara hubungan dengan china.

usaha terakhir marty, bisa menyelamatkan asean namun juga tak menyerang china, katanya.

dia menambahkan, indonesia dan usah mengingat tinggal semangat persatuan yang ditularkan terhadap asean selama 1979, ketika vietnam menginvasi kamboja terkait sengketa perbatasan selama thailand.

dia menungkapkan, di ketika tersebut asean dengan inisatif menteri luar negeri indonesia mochtar kusumaatmadja mengemukakan startegi garis depan yang memicu gerakan politik selama bangkok juga bantuan militer supaya menyelasaikan permasalahan itu.

namun, kini saat china menantang filipina juga vietnam, mereka seperti ditinggalkan asean secara politik, ujarnya.

sekarang banyak 10 anggota asean, yang mayoritas memliki perjanjian investasi dan hubungan baik melalui china dibanding solidraitas asean, ujarnya.

indonesia serta asean kini sedang mendesak china untuk mendiskusikan permasalahan pada laut china selatan juga semua potensi ekonomi dalam wilayah itu. konfrensi tingkat tinggi asean pada pekan ini dalam brunei darusalam menghasilkan kesepatakan supaya memikirkan pertemuan menlu china serta asean tahun ini dalam beijing, china.