Turis ASEAN jadi pasar potensial pariwisata DIY

wisatawan asing yang berasal daripada sejumlah negara pada wilayah asean menjadi pasar potensial dan mampu digarap lebih serius dengan para pelaku pariwisata selama diy.

berdasarkan grafik kunjungan wisatawan asing ke diy, angka wisatawan dari negara-negara asean terutama singapura, malaysia dan thailand selalu mengalami peningkatan dan menggembirakan, papar ketua association of the indonesia tours and travels (asita) yogyakarta edwin ismedi himna pada yogyakarta, jumat.

menurut dia, tingginya persentasi wisatawan asing daripada asean yang berkunjung ke yogyakarta dipengaruhi dengan sederat aspek semisal jarak yang tak begitu jauh serta transportasi yang kian tidak rumit.

upaya supaya memperbaiki kunjungan wisatawan asing terlebih dari asean mau diselenggarakan dengan upaya promosi, salah satunya dan paling dekat adalah jogja travel mart 2013 yang akan digelar dalam 5--8 mei.

Informasi Lainnya:

edwin menyampaikan, selama model beriklan pariwisata itu, paling tidak ingin dikuti dengan 130 buyers dari sejumlah negara semisal pelaku wisata dalam malaysia, singapura, thailand, australia, korea, jepang, rusia serta india.

selain dihadiri pelaku wisata dari luar negeri, kegiatan itu dan mau dihadiri dengan sekitar 55 buyers domestik dan juga baru merupakan pasar potensial terhadap pelaku wisata selama diy.

kami akan mengajak kaum pelaku wisata itu mengunjungi sederat info tujuan wisata yang banyak pada yogyakarta juga sekitarnya untuk lebih memberitahukan tujuan-tujuan wisata tersebut terhadap wisatawan asing, ujarnya.

sejumlah objek wisata wisata dan hendak dikunjungi dalam antaranya lava tour merapi mencari jeep, serta sederat wisata budaya yang sudah adalah ikon yogyakarta seperti malioboro, keraton yogyakarta serta dan candi borobudur.

berdasarkan data dari dinas pariwisata diy di lalu, wisatawan dan berkunjung ke diy mencapai 2,4 juta orang, dan 190.000 pada antaranya merupakan wisatawan asing. persentasi wisatawan asing tersebut mengalami kenaikan 18 persen dibanding tahun sebelumnya.

wisatawan asing dan paling banyak berkunjung ke yogyakarta berasal daripada belanda, perancis, malaysia, singapura dan australia.

kami berharap, melalui jogja travel mart ini, kunjungan wisatawan dari negara-negara asean dapat selalu meningkat. terlebih, hendak ada wisata minat khusus yang menantang, seperti arung jeram di sungai progo, panjat tebing selama pantai siung, jelajah goa serta yang lain, kata kepala bidang pemasaran dinas pariwisata diy heri lencono.