Survei: elektabilitas Bima Arya masuk tiga besar

survei pertama agar pilkada kota bogor 2013 yang dilaksanakan lembaga smart-pol menempatkan ketua dpp partai amanat nasional bima arya selama tiga besar di tingkat elektabilitas ataupun keterpilihan.

dia (bima arya) meraih 6,47 persen, serta masuk tiga besar selama tingkat elektabilitasnya, setelah wakil wali kota bogor ahmad ru`yat dan artis syahrul gunawan, papar direktur riset smart-pol syahril ilhami pada bogor, jawa barat, jumat sore.

smart-pol adalah lembaga survei yang bergerak pada bidang survei, marketing serta politik, pada mana penelitinya sebagian besar adalah mahasiswa pascasarjana institut pertanian bogor.

didampingi direktur politik auhadillah, ketika memaparkan hasil survei pra-pilkada kota bogor 2013--2018, ia menjelaskan bahwa selama rangka menyambut proses demokratisasi yang berlangsung selama kota bogor itu, maka smart-pol melakukan survei pra-pilkada dan diselenggarakan selama 22-27 maret 2013.

ia mengajarkan kiranya teknik pengambilan sample membeli probability sampling (multi-stage random sampling.

jumlah responden sebanyak 458 pihak daripada enam kecamatan serta 20 kelurahan se-kota bogor yang diselenggarakan kepada warga dari tingkat studi tidak sekolah juga tidak tamat sd sampai sarjana.

Lainnya: cincin kawin murah - cincin perak murah - perak murah - cincin perak murah

pekerjaan responden mulai dari petani/nelayan/buruh/tukang/pedagang sampai pelajar/mahasiswa, ibu properti tangga, pegawai dan profesional. sedangkan status ekonomi diambil dari berbagai strata, mulai kelas bawah, menengah dan atas.

syahril ilhami mengajarkan bahwa tokoh yang disurvei meliputi 59 nama, yang didapatkan berdasarkan info juga input dari umum, tokoh partai, birokrat, public figur dan sumber Informasi lainnya.

menurut dia, ada tiga kategori yang dijalani, yaitu popularitas, akseptabilitas (penerimaan/kesukaan) dan elektabilitas.

berdasarkan elektabilitas, dengan begini posisi tiga besar daripada 15 nama dan angkanya 1 persen ke atas, dengan demikian urutannya pertama ditempati wakil wali kota achmad ru`yat (11,69 persen), kedua syahrul gunawan (9,95 persen) dan bima arya (6,47 persen.

popularitas artis

sementara itu, supaya kategori popularitas, dan dikerucutkan dulu di posisi 15 besar, kalangan artis menempati posisi teratas.

posisi tiga besar ditempati masing-masing oleh syahrul gunawan (58,46 persen), paranormal ki gendeng pamungkas (43,28 persen), serta ahmad ru`yat (37,81 persen).

untuk tingkat akseptabilitas, posisinya adalah syahrul gunawan (30,10 persen), ahmad ru`yat (22,30 persen) serta ki gendeng pamungkas (14,43 persen).

direktur politik smart-pol auhadillah menambahkan bahwa mereka telah siap menerima konsekuensi kiranya survei itu mau ditanggapi beragam, menarik dengan masyarakat maupun bakal calon dan ingin maju.

itu risiko sebuah survei, sehingga manakala dituduh ada pesanan pun, kami siap. namun, kami melakukannya dengan standar survei dan mampu dipertanggungjawabkan, katanya.