Mendikbud: belum tentu diterima peserta UN

mendikbud mohammad nuh menilai pengabaian hasil ujian nasional (un) 2013 agar sma juga sederajat yang diusulkan komisi x dpr belum pasti diterima audien un.

usulan tersebut kami terima, tapi akan kami kaji. bayangkan bila diabaikan, tentu 22 provinsi dan nggak banyak masalah dengan un ingin menolak, malahan dan digeser pun menolak sebab sediakan harga diri, kata nuh selama konferensi pers usai dialog profil dokter gigi indonesia yang holistik dan membumi di surabaya, sabtu.

dpr bisa saja memberi input, tapi hal yang subtansial adalah kerahasiaan soal un, bukan soal serentak tidaknya. kalau tak serentak, tapi tak bocor ya baru sah, sebab itu kami tak hendak dan merta mengabaikan cuma soal beda waktu, katanya.

kemarin anggota komisi x dpr ri reni marlinawati menungkapkan un 2013 tidak sah karena tak dilaksanakan serentak. karena dalam uu dinyatakan bahwa un mesti diselenggarakan serentak. tak mungkin banyak penundaan, ujarnya.

Informasi Lainnya:

nuh berjanji agar mengumumkan hasil investigasi penyebab gagalnya un serentak, minggu depan.

dia serta berjanji agar menjatuhkan sanksi pada yang lalaii. biaya percetakan soal un 2013 mencapai rp94 miliar dan ada kurang lebih rp22 miliar dan bermasalah, katanya.

dia mempersilakan bpk atau kpk mengerjakan penyelidikan. bukan kpk ataupun bpk yang masuk (menyelidiki), tapi kami undang mereka supaya masuk, ujarnya.

nuh mendaku pelaksanaan un sma dan smp serta sederajat secara umum terselesaikan. bedakan diantara un dengan pelaksanaan un, karena un telah banyak masalah melalui Satu percetakan, namun di jatim dan provinsi lain kan berjalan sebagaimana biasa, katanya.