RI sarankan Meksiko pelajari KPK

indonesia menganjurkan meksiko mengetahui komisi pemberantasan korupsi melalui belajar dari pengalaman-pengalaman kpk di sehubungan kasus-kasus korupsi dalam indonesia.

hal itu dikemukakan delegasi indonesia dalam pertemuan tahunan pimpinan parlemen negara anggota g-20 yang membahas isu memerangi korupsi pada meksiko.

hal tersebut ingin kami bicarakan lebih lanjut selama pertemuan bilateral melalui delegasi parlemen meksiko, papar ketua delegasi indonesia sohibul iman dan juga wakil ketua dpr koordinator ekonomi serta keuangan (korekku) akhir pekan ini.

dia menunjukan indonesia menyambut bagus rencana meksiko dan segera mendirikan lembaga anti-korupsi mengikuti jejak indonesia dan memiliki kpk.

Informasi Lainnya:

isu pemberantasan korupsi jadi perbincangan bagus di diantara pimpinan parlemen negara g-20 yang dan berlangsung dalam mexico city, dalam tanggal 3--5 april 2013.

salah satunya, kebutuhan parlemen meksiko untuk langsung menganggarkan peraturan pembentukan lembaga antikorupsi semisal dan sudah dilaksanakan indonesia ketika membentuk kpk 10 tahun silam.

langkah itu dilaksanakan dijadikan upaya sistematis memerangi korupsi dalam negeri tersebut.

ketua senat meksiko, senator ernesto cordero arroyo, menyampaikan hal tersebut ketika memimpin sidang sesi pertama forum pertemuan pimpinan parlemen g-20 bertema financial system reform serta fight against corruption dalam gedung lama parlemen meksiko city dalam jumat (5/4) dini hari wib.

menurut cordero, persoalan korupsi selama negerinya sudah demikian berat juga tidak bisa saja hanya memberikan penanganannya kepada aparat kepolisian atau kejaksaan saja.

kami melihat kesuksesan indonesia di menangani korupsi dengan keberadaan lembaga antikorupsi. oleh sebab itu, kami akan lembaga semisal di indonesia tersebut juga ada dalam meksiko, katanya ketika memberi kesimpulan atas berbagai pandangan dan pengalaman negara-negara audien dalam sesi pertama sidang dan berlangsung dalam gedung berlarut parlemen meksiko.