Wamendikbud: UN di Kaltim tak ada masalah lagi

wakil menteri studi dan kebudayaan musliar kasim mengatakan tidak ada lagi masalah yang berarti di penyelenggaraan ujian nasional dalam kalimantan timur.

ujian nasional supaya tingkat smp digelar serentak mulai senin (22/4). tidak ada masalah selama pengiriman soal daripada jakarta serta pendistribusiannya ke daerah-daerah.

sabtu sore semua telah diterima. hari minggu telah hingga ke kantor dinas pendidikan setempat, juga senin dinihari sudah diambil kepala-kepala sekolah, jelas wamen musliar kasim di balikpapan, senin.

pihaknya dan telah melakukan antisipasi dengan menyewa percetakan-percetakan dan memperoleh order mencetak soal mempercepat proses percetakan .

Informasi Lainnya:

kami juga telah melakukan evaluasi pada pelaksanaan un secara menyeluruh mulai dari tahapan persiapan hingga pelaksanaan, tergolong keterlambatan soal, kata wamen.

untuk balikpapan, soal-soal ujian diterima terakhir pukul 17.00 wita sabtu (20/4). soal-soal tersebut diangkut dengan pesawat lion air dan sriwijaya air sebanyak 772 paket.

seluruhnya ada 3.342 paket, yang masuk terakhir tersebut 772 paket. sebelumnya jam 15.00 wita masuk 1.345 paket, papar ketua panitia ujian nasional balikpapan wahyudi.

menurut wahyudi, panitia juga sudah berkoordinasi dengan bagian kepolisian untuk pengamanan paket-paket soal tersebut. maka telah tidak ada masalah lagi, tegasnya,

dia menambahkan, untuk pelaksanaan ujian nasional dalam kalimantan timur diikuti sekitar 8 ribu siswa dari 400 smp juga madrasah tsanawiyah dalam seluruh penjuru kalimantan timur.

sebelumnya, hingga menjelang pelaksanaan un agar sma di senin (15/4) lalu, sederat besar paket soal belum sampai selama kalimantan timur. bahkan dalam kota balikpapan sampai kamis (18/4), masih banyak 9 sekolah yang belum melayani paket soal tersebut.

menteri studi dan kebudayaan muhammad nuh sempat menginstruksikan untuk memperbanyak soal melalui difotokopi kepada sekolah yang belum menerima paket soal itu supaya ujian tetap mampu dilaksanakan serentak pada kamis itu.

namun itulah, masih jumat (19/4) kalimantan timur dapat memulai un serentak bagi siswa sma juga madrasah aliyah dengan mata ujian matematika, sesudah semua kebutuhan soal tercukupi, bagus melalui membeli soal terpercaya maupun melalui fotokopi.